Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Palangka Raya Tegur Juru Parkir di Jalan Katamso Diduga Memungut Melebihi Tarif

  • Oleh Marini
  • 17 April 2024 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perhubungan (Dishub) Palangka Raya menegur juru parkir (jukir) yang memungut tarif parkir diduga melebihi ketentuan Perda Palangka Raya, beroperasi di Jalan Brigjen Katamso Palangka Raya, terutama pada depan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalteng.

Teguran diberikan berawal dari diduga salah satu oknum petugas parkir yang bertugas menarik tarif parkir melebihi ketentuan membuat masyarakat yang ingin memparkir kendaraannya motor kendaraan roda dua pada sore hari. 

Salah satu oknum petugas parkir menarik tarif parkir untuk roda dua senilai Rp3000 per motor. Ia mengklaim hal tersebut naik harga Rp1.000 dari sebelumnya Rp.2.000 per motor. Tentu saja masyarakat yang bersangkutan melaporkan kejadian tersebut di Dishub Palangka Raya.

Atas kejadian tersebut Kepala Dishub Palangka Raya Alman Parluhutan Pakpahan bertindak dan menurunkan personelnya untuk segera dilaksanakan penertiban dan teguran kepada jukir yang beroperasi di tempat kejadian.

Alman mengatakan, terkait hal ini tentunya akan menegur petugas jukir diawasi, dengan harapan supaya parkir-parkir ini harus sesuai SOP dan memungut kendaraan sesuai Perda yang berlaku. Bagi masyarakat yang mengalami tarif parkir melebihi batas ketentuan langsung lapor kepihaknya.

"Kita sampaikan sesuai SOP, serta terkait Perda itu sudah berulang kali kita sampaikan kepada mereka serta terkait atribut juga kita sampaikan," ungkapnya, Rabu, 17 April 2024.

Tarif retribusi di Palangka Raya, imbuh Alman, untuk parkir gerobak atau becak di Kota Palangka Raya dikenakan biaya Rp1.000, sepeda motor atau roda dua Rp2.000, kendaraan roda tiga Rp2.500, pick up, Jeep dan sedan Rp.3.000. Bus, box atau truk Rp.6.000 dan truk gandeng atau trailer dikenakan tarif parkir sebesar Rp10.000. (MARINI/j)

Berita Terbaru