Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gali Potensi Desa untuk Mengembangkan Industri

  • Oleh Donny Damara
  • 18 April 2024 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sirajul Rahman mendorong pemda di provinsi ini supaya dapat menggali potensi disetiap desa untuk mengembangkan industri.

Sirajul mengatakan, setiap desa pastinya memiliki potensi unik yang dapat dikelola atau dimanfaatkan untuk pengembangan industri diberbagai bidang.

"Di desa tentu sumber daya alam yang ada melimpah, dan itu bisa dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal melalui pengembangan industri," katanya, Kamis, 18 April 2024.

Selain itu, pemda juga perlu melibatkan masyarakat dalam proses penggalian potensi dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk mengembangkan industri di tingkat desa.

Di sisi lain, Sirajul mendorong pemda untuk dapat menyediakan infrastruktur, pelatihan, dan akses ke pasar yang memadai bagi industri di tingkat desa.

Hal itu penting dan akan dapat membantu meningkatkan daya saing industri desa serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

"Harapan kita pastinya dengan menggali potensi dan mengembangkan industri, itu dapat menciptakan peluang ekonomi baru di tingkat desa," ujarnya.

"Itu juga akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi disparitas pembangunan antara perkotaan dan perdesaan di Kalteng," tukasnya. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru