Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Kerahkan Tim Gabungan untuk Normalisasi Sungai Mentawb

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 19 April 2024 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) mengerahkan tim gabungan untuk normalisasi Sungai Mentawa, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. 

"Kita berharap pengerjaan pemeliharaan ini, genangan air di Kota Sampit dapat dikendalikan sehingga tidak ada lagi wilayah yang terdampak banjir," kata Wakil Bupati Kotim Irawati, Jumat, 19 April 2024.

Normalisasi Sungai Mentawa mulai dilakukan BPBD, DSDABMBKPRKP, Disdamkarmat, DLH, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Kecamatan dan Kelurahan pada 15 April 2024 karena tersumbatnya drainase di Jalan HM Arsyad.

Pembersihan sungai dengan gotong royong tersebut hari ini sampai di dekat Pasar Sejumput. Tim gabungan membersihkan sungai dari rumput, sampah, dan ranting pohon yang mengganggu aliran sungai.

Irawati mengatakan, curah hujan di Kotim saat ini sedang mengalami peningkatan, sehingga debit air sungai di Kota Sampit meningkat yang menyebabkan banjir di beberapa tempat. 

"Upaya ini agar air hujan mengalir dengan lancar. Jika pun terjadi genangan akan cepat surut," ucapnya.

Selain pembersihan sungai secara manual, Pemkab Kotim melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman telah merencanakan normalisasi menggunakan ekskavator amfibi dalam waktu dekat.

"Karena Kotim hanya memiliki 1 ekskavator amfibi yang saat ini masih di Sungai Baamang, jadi bergantian," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru