Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kartini Kian Berkontribusi untuk Negeri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 April 2024 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Semarak Peringatan Hari Kartini 21 April diperingati SMAN 5 Palangka Raya dalam upacara penuh khidmat pada Senin, 22 April April 2024 di halaman sekolah. Aneka pakaian daerah dan batik nusantara yang dikenakan para siswa, guru, dan staf SMAN 5 Palangka Raya menyajikan kilauan ragam warna-warni seantero Indonesia.

Tampilan emansipasi mengemuka. Para petugas upacara adalah ibu-ibu guru berkostum kebaya. Mereka adalah Pemimpin upacara Christina Nopriani, pembawa acara Isti Prihatini, pembaca pembukaan UUD 1945 Sri Mulyani, Pembaca Doa Yuyun Hendrati, Ajudan Ayu Chandra Wandira, dan Pengatur Upacara Patmawati. Khusus pengibar bendera merah putri adalah tiga siswi, juga dengan mengenakan kostum kebaya.

Pembina upacara kebetulan tetap pria, yakni Kepala Sekolah, M Ramli. Dalam sambutannya ia mengajak peserta upacara untuk menghargai dan meneruskan perjuangan Kartini.

"Di sekolah kita saja kita bisa melihat bahwa tenaga pendidik jumlahnya lebih banyak perempuan daripada pria. Ini menunjukkan bahwa Kartini-Kartini masa kini sudah berada dalam posisi penting yang menopang kegiatan pendidikan," katanya menegaskan.

Berkat bagian dari perjuangannya kini perempuan Indonesia banyak yang memiliki kesetaraan dalam menempuh pendidikan dengan kaum pria. Tak hanya itu, kini perempuan Indonesia juga sudah banyak berperan di berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Berkaitan dengan itu, mari jadikan momen peringatan Hari Kartini ini untuk lebih menghargai jasa para pahlawan dengan lebih giat lagi belajar dan bekerja agar lebih siap mengikuti perubahan ke arah yang lebih baik. Kalian penerus Kartini harus bisa terus berkiprah memberikan yang terbaik bagi negeri ini. Semua bisa bekerja sama dengan baik dengan penguatan karakter dan berkontribusi positif untuk negeri tercinta Indonesia," tuturnya.

Kemeriahan peringatan Hari Kartini dilengkapi dengan potong tumpeng oleh kepala sekolah di ruang guru. Maka makan bersama dengan rasa syukur pun tampak nikmat pagi cerah ini.(TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru