Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berlangsung Meriah, Ini Harapan Pj Bupati Kapuas dari Acara Laluhan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 April 2024 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Acara ritual adat Laluhan atau 'perang air' dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-73 Pemkab Kapuas berlangsung meriah.

Masyarakat antusias memadati kawasan Pelabuhan Danau Mare untuk menyaksikan dan mengikuti acara ritual adat Laluhan tersebut pada Senin, 29 April 2024.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi yang turut menaiki kapal/perahu untuk Laluhan tersebut dalam sambutannya menyampaikan sejumlah harapan dilaksanakannya kegiatan ini.

Dirinya juga mengajak masyarakat Kapuas menyambut gembira dan meriah Festival Laluhan hari ini, menikmati setiap momen dengan penuh kegembiraan, ciptakan momentum untuk mempererat persatuan dan kesatuan, serta memupuk rasa cinta dan bangga terhadap keberagaman budaya yang menjadi warisan leluhur.

“Laluhan bukan sekadar pertunjukan, tetapi keajaiban alam dan kekayaan seni dan budaya Kabupaten Kapuas," kata Erlin.

Laluhan sebagai wujud kekeluargaan, kebersamaan, simbol gotong-royong dan solidaritas sosial. Laluhan sebagai kebudayaan bukanlah sekadar warisan leluhur, tetapi juga sebuah cermin yang merefleksikan perjalanan kita sebagai masyarakat.

"Dalam kegiatan ini, marilah kita buka diri dan hati kita untuk menyerap kearifan lokal yang terpatri dalam setiap gerak, suara dan rasa yang kita jumpai. Jadikanlah kegiatan ini sebagai ruang dialog antarbudaya, tempat dimana kita belajar satu sama lain, bertukar pengalaman dan membangun pemahaman yang lebih dalam tentang kemanusiaan,” tutur Erlin.

Erlin juga berharap bahwa setiap rangkaian pada festival laluhan ini akan memberikan pengalaman yang membangkitkan kesadaran akan makna keanekaragaman budaya. (DODI/R)


TAGS:

Berita Terbaru