Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Tiap Daerah di Kalteng Perkuat Tata Batas Wilayah

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Mei 2024 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng Yohannes Freddy Ering meminta tiap daerah di Kalteng ini supaya dapat memperkuat tata batas wilayah masing-masing.

Pasalnya, berkaca dari Desa Dambung di wilayah Kabupaten Bartim yang kini masuk Provinsi Kalsel berdasarkan keputusan Kemendagri, hal itu tentu sangat merugikan dan jangan sampai ada wilayah lagi di Kalteng yang lepas.

"Desa Dambung ini merupakan salah satu contoh kurangnya perhatian terhadap tata batas wilayah kita, jadikan ini pelajaran karena untuk mengembalikannya masuk Kalteng itu membutuhkan proses panjang dan tidak mudah," ucapnya, Senin, 13 Mei 2024.

Freddy menengaskan, tata batas wilayah harus lebih diperkuat guna mengamankan tata batas wilayah baik itu antarprovinsi maupun kabupaten dan kota, paatikan dokumen-dokumen pendukung tata batas itu lengkap.

"Kapan perlu tiap daerah mempertegas kembali tata batas wilayahnya, melakukan pengukuran atau membuka kembali dokumen-dokumen yang ada, karena apabila ada persoalan dikemudian hari maka bisa dengan mudah diklaim," ujarnya.

Selain itu, pemda juga harus dapat memperhatikan daerah atau desa-desa yang ada terutama di batas wilayah provinsi, kabupaten maupun kota dengan pembangunan sehingga masyarakat sejahtera.

"Apalagi batas wilayah yang kaya dengan SDA, ini sangat rentan bisa lepas ke daerah lain. Jadi, pemda harus benar-benar bisa memastikan tata batas wilayah masing-masing aman dan memiliki kekutan baik secara fakta dan hukum," tukasnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru