Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Laksanakan Rembuk KTNA 2016

  • Oleh Norhasanah
  • 01 Juni 2016 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara melaksanakan Rembuk Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Kabupaten Sukamara 2016, dihadiri Ketua KTNA Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianor. Ini bagian dari upaya memantapkan kepemimpinan dan kemandirian kontak tani, nelayan dalam mewujudkan petani mandiri dan sejahtera,  

Bupati Sukamara, Ahmad Dirman dalam sambutan dibacakan Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Sukamara, Donal Simanjuntak mengatakan keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh dukungan nyata semua pihak pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun masyarakat tani selaku pelaku utama serta pihak lainnya.

'Tantangan dalam pembangunan pertanian secara umum adalah adanya kenyataan, pertanian didominasi oleh skala usaha kecil,  modal terbatas dan sumber daya petani yang masih  rendah sehingga produktivitas usaha tani yang dihasilkan masih rendah. Karena belum sepenuhnya mampu menerapkan teknologi untuk meningkatkan produksi, yang pada akhirnya tingkat pendapatan masyarakat petani masih rendah. Di samping itu, juga masih rendahnya posisi tawar petani terhadap produk yang dihasilkan' kata Donal Simanjuntak saat membuka Rembuk KTNA di aula Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sukamara, Rabu (1/6/2016).

Untuk mengatasinya, diperlukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta usaha untuk terus mendorong sikap petani dan nelayan agar lebih responsif terhadap kesempatan berusaha yang terbuka dan termotivasi untuk selalu berupaya lebih meningkatkan usahanya.

'Berbagai  keberhasilan  pembangunan  pertanian  yang  sudah  dicapai  dan ketidak-berhasilan  yang  dialami  akan  dijadikan  landasan  perbaikan  pelaksanaan tugas-tugas  ke  depan.' Ujar Donal.

Koordinasi  dan  sinergi  dengan  berbagai  pemangku kepentingan  dalam  melaksanakan  tugas  pembangunan  pertanian  perlu  lebih ditingkatkan.  Keterbatasan  anggaran  pembangunan  dibidang pertanian harus disikapi dengan kerjasama dan keterpaduan lintas  sektor  serta  pelibatan  para  pelaku  utama pembangunan pertanian.  Dengan membangun  sinergi  berbagai  komponen  pelaku  pembangunan, maka diyakini pelaksanaan pembangunan di sektor pertanian yang kita laksanakan akan memberikan hasil yang lebih optimal dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

'Kelompok tani nelayan andalan Kabupaten Sukamara sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sukamara, merupakan organisasi pertanian yang juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu pemerintah untuk mencapai sasaran utama pembangunan pertanian. Sebagai mitra kerja pemerintah, maka KTNA juga diharapkan untuk lebih mandiri dan memiliki kemampuan.' Pinta Asisten II Sekda Sukamara. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru