Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gencar Sosialisasi Program Peningkatan Produksi Padi

  • Oleh Amar Iswani
  • 03 Juni 2016 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Bartim - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Pemkab Barito) gencar sosialisasi program peningkatan produksi padi. Bupati Bartim, Ampera AY Mebas meyakini sektor pertanian sebagai penunjang pembangunan daerah. Tujuannya, meningkatkan kualitas produksi padi untuk mencukupi kebutuhan pangan daerah pada umumnya, dan khususnya Kabupaten Barito Timur (Bartim).

'Dengan meningkatnya produktivitas pertanian secara otomatis perekonomian masyarakat akan  membaik dan sejahtera,' ujar bupati Ampera AY Mebas, kepada wartawan, di Tamiang Layang, Selasa (31/5/2016).

Selain meningkatnya kesejahteraan masyarakat, sektor lainnya pun ikut terangkat pula seperti kesehatan dan pendidikan masyarakat akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, kata Ampera, gejolak sosial di masyarakat pun secara otomatis dapat ditekan.

Untuk mewujudkan semuanya itu pemerintah setempat melaksanakan kegiatan sosialisasi program peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman pangan seperti padi, jangung dan kedelai. Kegiatan sosialisasi pertanian yang dilaksanakan, sekaligus menjalin silaturahim antara petugas pertanian, kelompok tani maupun pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dalam upaya mencapai swasembada pangan,  terkait pencapaian peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai secara nasional, pemerintah setempat bekerja keras membangun kerjasama dengan seluruh leading sector, seperti TNI, Polri, Kelompok Tani setempat, dan lain sebagainya.

'Hal ini dilakukan agar capaian peningkatan produksi pertanian dan mutu hasil pangan bisa terwujud secara nyata dan dirasakan hasilnya di seluruh elemen masyarat secara berkelanjutan,' katanya.

Menuru bupati, kabupaten berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah ini memiliki potensi cukup besar serta didukung sumber daya alam yang memadai, serta  lahan dengan jenis tanah aluvial yang hampir merata. Kandungan  tingkat kesuburan tanah cukup tinggi, didukung adanya Bendungan Karau seluas 3.794 hektare serta bendungan Tampa seluas 2.000 hektare,

'Semuanya itu akan kita manfaatkan secara optimal. Peluang peningkatan luas tanam harus terus kita pacu, terutama daerah kecamatan yang potensial untuk ditanami padi, yaitu Kecamatan Paku, Kecamatan Pematang Karau, dan Kecamatan Dusun Tengah' katanya. (AMAR ISWANI/N).

Berita Terbaru