Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lulusan SMPN 1 Bulik Diminta Tetap Semangat Tuntut Ilmu

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 Juni 2016 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Para pelajar harus terus bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesan ini khusus bagi siswa-siswi yang baru menyelesaikan pendidikan SLTP. Dengan begitu, saat menginjak SLTA, mereka senantiasa haus akan ilmu pengetahuan yang akan sangat menentukan keberhasilannya di masa mendatang.

Itulah segelintir pesan Kepala Sekolah SMPN 1 Bulik, Sulistiawati, saat melepas 137 siswa-siswinya pada acara perpisahan siswa kelas IX tahun 2016, di Nanga Bulik, Lamandau, Kamis (2/6/2016).

Sulistiawati juga menyebutkan, Ilmu yang telah ditimba para siswa dan siswi kelas IX khususnya di SMPN 1 selama tiga tahun terakhir tidaklah cukup menjadi modal mengarungi kehidupan di masa yang akan datang. Artinya, kata dia, modal yang saat ini dimiliki harus terus ditambah di lembaga penididikan selanjutnya, baik itu (SLTA) dan perguruan tinggi.

Dalam acara pelepasan yang dihadiri orangtua/wali siswa tersebut, Sulistiwati juga mengatakan, pihak sekolah mewakili pemerintah daerah sejauh ini telah berupaya melakukan tugas dalam mendidik siswa sebaik-baiknya. Antara lain dengan terus berupaya mengisi berbagai kebutuhan peserta didik baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotoriknya.

"Namun, saya sampaikan fenomena dan tantangan zaman saat ini dan masa yang akan datang sangat kompleks dan berat, pergaulan bebas semakin nyata, sehingga pendidikan sikap dan perilaku sangatlah utama dalam mendidik siswa tingkat SLTP yang pada umumnya sedang dalam perkembangan mencari jati diri dan karakter. Sehingga selama ini pihak sekolah terus berupaya menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didik," sebutnya.

Tidak cukup mengarungi zaman dengan mengandalkan asupan ilmu pengetahuan di tingkat SLTP. Karenanya, Sulistiawati minta agar semuanya terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bahkan ke perguruan tinggi. Raihlah pendidikan setinggi-tingginya, pesan Sulistiawati.

Hal senada disampaikan perwakilan orang tua/wali siswa, Ujang Mawardi. Menurutnya, tantangan zaman memang sangatlah berat. Di sisi lain, katanya, siswa-siswi atau pelajar yang ada di di kabupaten Lamandau saat merupakan asset daerah yang akan melanjutkan pembangunan daerah di masa yang akan datang.

"Untuk itu, orang tua harus mendukung penuh agar pendidikan anak jangan sampai terputus di tengah jalan. Sehingga para pelajar harus tetup mengampu pendidikan setinggi-tingginya agar kedepan dapat turut serta berkarya membangun daerah sesuai bidangnya masing-masing," katanya. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru