Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Ramadan Kapal untuk Pemudik Kobar Belum Jelas

  • Oleh Cecep Herdi
  • 04 Juni 2016 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menjelang Ramadan 2016, belum jelas kapal laut untuk mengangkut para pemudik dari Kotawaringin Barat ke berbagai wilayah di Pulau Jawa. Dishubkominfo Kobar beberapa waktu menggelar rapat awal kordinasi persiapan mudik lebaran dari berbagai jalur perhubungan.

Yang paling disoroti adalah ketersediaan kapal untuk mengangkut para pemudik, masih minim. Sebab, kapal milik PT Pelni yakni KM Egon dan Awu ditarik dari rute Pelabuhan Kumai. Kini, PT Pelni  melayani angkutan penyeberangan dengan satu kapal, KM Kelimutu.

"Belum, kami masih berkoordinasi dan mengajukan surat permintaan penambahan kapal kepada Menteri Perhubungan. Kami juga sampaikan ke PT Pelni pusat untuk mengalihkan lagi Egon ke rute Kumai - Semarang," kata Kadishubkominfo Kobar, Petrus Rinda, di Pangkalan Bun, Jumat (3/6/2016).

Ia khawatir, jumlah pemudik tidak akan tertangani oleh ketersediaan kapal laut. Terlebih, Pelindo dan pihak KSOP Kumai memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan jalur laut akan meningkat 10 persen dibanding tahun lalu. "Makanya terus kita upayakan, tahun lalu saja masih ada KM Egon, penumpang banyak yang tidak terangkut."

Kepala KSOP Kumai, Junaidi mengakui, pemudik yang menggunakan jalur laut tidak akan terangkut kalau kapalnya minim. "Ya jelas, mau diangkut pakai apa," kata dia.

Ia memberi masukan, selain meminta penambahan kapal, juga meminta penambahan jumlah jadwal keberangkatan (kol kapal). "Kapal yang sudah siap juga upayakan harus ditambah jumlah kolnya. Bila perlu seperti setrikaan, bolak balik mengangkut penumpang."  (CECEP HERDI/N).

Berita Terbaru