Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Imbau Masyarakat Jangan Buang Sampah ke Sungai

  • Oleh Amar Iswani
  • 04 Juni 2016 - 13:34 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur (Bartim), Ampera AY Mebas mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Kebiasaan buruk itu, bisa mengakibatkan banjir, dan membuat sungai menjadi sarang penyakit. Mulai sekarang, buanglah sampah pada tempatnya.

"Harus membiasakan diri membuang sampah pada bak sampah yang telah disediakan. Masyarakat harus lebih peduli  kebersihan, dengan mengubah kebiasaaan buruk tersebut,' ujar Bupati Bartim,  Ampera AY Mebas kepada Borneonews, di Tamiang Layang, belum lama ini.

Bupati menjelaskan, membuang sampah ke sungai selain bisa menjadi sarang penyakit, perihal tersebut juga berdampak pada buntunya drainase aliran air yang berakibat pada bencana banjir. 'Oleh sebab itu masyarakat harus mengubah kebiasaan membuang sampah ke sungai, karena sungai dimanfaatkan sebagian masyarakat yang masih bergantung pada air sungai untuk kehidupannya.'

Jika masyarakat malas atau enggan membuang sampah  ke tempat pembuangan sampah (TPS) yang telah disediakan, diharapkan membeli tempat sampah atau membuat tempat sampah sendiri, kemudian ketika sampah tersebut penuh masukan sampah dimaksud dalam  kantongan plastik atau kresek dengan rapi. Kemudian, letakkanlah kantong sampah yang telah dikemas di depan rumah atau di TPS yang telah disediakan.

"Langkah ini efektif dan efisien dalam penanggulangan sampah. Cara ini sangat efektik untuk membantu petugas kebersihan setiap harinya ketika melaksanakan tugasnya dari pada masyarakat membuang sampah ke sungai,' kata Bupati Ampera AY Mebas. (AMAR ISWANI/N).

Berita Terbaru