Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih ada Realisasi Program SKPD di Bawah 40 Persen

  • Oleh Ramadani
  • 06 Juni 2016 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Barito Utara - Masih ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang pelaksanaan realisasi fisik dan keuangan program kegiatan, Mei 2016, belum mencapai target 40 persen. 

'Bagi SKPD yang pelaksanaan realisasi fisik dan keuangan program kegiatan pada Mei 2016 belum mencapai target 40 persen, kami minta perhatian lebih serius untuk memacu pelaksanaannya,' tegas Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dalam Rapat Pimpinan Tim Evaluasi dan Pengawasan Anggaran (Tepra) mengevaluasi pelaksanaan percepatan realisasi anggaran fisik dan keuangan pada SKPD lingkup Pemkab Barito Utara Mei 2016, di aula Bappeda, Kamis (2/6/2016).

Pelaksanaan Rapim Tepra merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN) yang mengatakan bahwa salah satu tahapan yang dilaksanakan dalam rangka perencanaan pembangunan adalah evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

Menurut Nadalsyah kegiatan rapim tepra yang dilaksanakan memiliki makna dan peran yang sangat penting, karena forum ini merupakan sarana mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan bulan mei tahun anggaran 2016.

'Dari hasil evaluasi ini diharapkan, kita mendapatkan gambaran sejauhmana capaian kinerja SKPD, dalam pelaksanaan program kegiatan, baik yang dibiayai dari  APBD Kabupaten, Dana Tugas Pembantuan, Dana Urusan Bersama dan Dana Alokasi Khusus (DAK) keadaan per 31 Mei  2016,' jelasnya.

Hasil rapim tepra yang dilaksanakan pada hari dijadikan sebagai bahan masukan penting dalam peningkatan kualitas pelaksanaan program kegiatan pembangunan daerah pada bulan berikutnya. 'Kami mengharapkan kiranya pelaksanaan program kegiatan bulan berikutnya lebih baik dan lebih optimal serta mencapai sasaran atau rencana target capaian di masing-masing SKPD, tentunya sesuai koridor dan aturan yang berlaku,' katanya.

Pada kesempatan itu Bupati Nadalsyah juga menegaskan, dalam implementasi program kegiatan setiap SKPD selama bulan Mei 2016 agar dilakukan penilaian atau evaluasi, baik menyangkut keberhasilan maupun kegagalan, sehingga kualitas dan kuantitas pelaksanaan program kegiatan pembangunan daerah pada bulan berikutnya dapat lebih optimal.

Dalam pelaksanaan program kegiatan di setiap SKPD harus terkoordinasi dan bersinergi secara baik dengan SKPD lainnya melalui penyamaan persepsi sehingga sinkron dan tidak berjalan sendiri-sendiri. Penyusunan dan penyampaian laporan, baik laporan bulanan maupun laporan triwulan agar dilaksanakan secara tepat waktu, akurat dan berkualitas. (RAMADANI/N).

Berita Terbaru