Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BNK Minta Semua Pihak Peduli Bahaya Narkoba

  • 06 Juni 2016 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Semua pihak harus semakin peduli terhadap bahaya narkoba. Badan Narkotika Kabupaten Kapuas dibentuk juga bertujuan mempersempit ruang gerak peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Selain itu, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, serta membudayakan hidup sehat tanpa narkoba.

Ketua Umum Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kapuas, H. Muhajirin, yang juga Wakil Bupati Kapuas, mengemukakan hal tersebut dalam rangka peringatan hari anti narkoba Internasional, yang dilaksanakan di Jalan Maluku, belakang Stadion Olah Raga, Kapuas, Minggu (5/6/2016) pagi. Pada hari itu, BNK Kapuas mengadakan apel bersama, diikuti pelajar, mahasiswa, masyarakat, PNS, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta aparat penegak hukum.

"Jadi, BNK Kapuas tidak hanya melakukan koordinasi, pengawasan, pengendalian dan mendorong peran serta masyarakat dalam penangan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika," kata Muhajirin.

Muhajirin dalam laporannya berharap, dengan peringatan hari anti narkoba Internasional, yang berlangsung sederhana, namun diharapkan dapat memberikan dampak bagi semua untuk semakin perduli akan bahaya narkoba. Ia menyebutkan, selama ini BNK Kapuas telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan pemberantasan bahaya narkoba, serta melakukan kegiatan-kegiatan di antaranya Pencegahan Primer berupa sosialisasi, penyuluhan.  

Pencegahan sekunder berupa deteksi dini tes urine, razia, pendidikan pengembangan pribadi dan Pencegahan Tersier berupa konseling dan rehabilitasi. Sedangkan media yang dilakukan berupa penyuluhan di sekolah sekolah, kelompok masyarakat umum, serta melalui Radio siaran Pemerintah Daerah.   

Di akhir acara peringatan hari anti narkoba Internasional tersebut, dilakukan juga pemusnahan barang bukti hasil kegiatan Polres Kapuas yang ditingkatkan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1437 Hijriyah. Ratusan botol minuman keras dari berbagai merk dan jenis serta obat-obatan keras lainya, dimusnahkan.  (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru