Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

21 Karyawan Terlantar Dipulangkan ke Pontianak

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 17 Juni 2016 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kobar - Sebanyak 21 karyawan yang terlantar akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) PT Akasia Kalimantan Timur, tiba di kantor Dinas Sosial Kotawaringin Barat  (Dinsos Kobar), Kamis (16/6/2016) dini hari. Karyawan yang seluruhnya laki-laki, berusia remaja ini, menginap di rumah singgah Dinsos. Mereka dipulangkan ke Pontianak, Kalimantan Barat melalui Kabupaten Lamandau.

Rencananya, mereka dipulangkan secara estafet ke kampung halamannya, di Pontianak, Kalimantan Barat, melalui jalur darat, namun terlebih dahulu singgah di Kabupaten Lamandau.  Menurut Kepala Seksi Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kotawaringin Barat, Imron Rosidi, 21 orang ini datang dari Provinsi Kalimantan Timur. Dalam perjalanan pulang mereka kehabisan biaya. 

"Bisa saja mereka ini sebabnya terlantar karena dompetnya dicopet, bisa karena kehabisan ongkos atau karena masalah dalam pekerjaannya, yang jelas Dinsos akan memulangkan mereka," kata Imron Rosidi, di Pangkalan Bun, Kamis (16/3/2016).

Para remaja itu, dipulangkan menuju Lamandau menggunakan 3 mobil yang biayanya ditanggung oleh Dinsos Kobar. Setelah diserahkan ke Pemkab Lamandau mereka akan dipulangkan ke kampung halamannya di Pontianak, Kalimantan Barat.

Sebanyak 21 orang asal Kalimantan Barat itu, bekerja di PT. Akasia Kalimantan Timur. Mereka kabur dari perusahaan karena permasalahan pengupahan yang tidak sesuai perjanjian. Mereka sudah bekerja di PT. Akasia 4 bulan tidak pernah diberi upah.

Setelah tidak tahan dengan perlakuan perusahaan, mereka mengajukan pengunduran diri, dan disetujui pihak perusahaan. Sayangnya, perusahaan hanya memberi pesangon Rp100.000 sampai Rp200.000 per orang. Tidak heran kalau dalam perjalanan pulang, mereka kehabisan ongkos dan terlantar. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru