Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Akan Kembangkan Objek Wisata Kerbau Rawa

  • Oleh Uriutu
  • 20 Juni 2016 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) berencana akan mengembangkan objek wisata kerbau rawa pada 2016 ini. 

'Objek wisata kerbau rawa itu berada diwilayah kecamatan Jenamas,' kata Kepala Dinas Pemuda Oalahraga dan Pariwisata Barsel, Erik Kusdaryanto, kepada Borneonews, Senin (20/6/2016). 

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan terkait hal itu kepada Bupati dan pada saat pelaksanaan Musrenbang tingkat kabupaten dan provinsi. 

'Hal itu agar tempat perkembangbiakan kerbau rawa dapat dijadikan sebagai tempat pariwisata andalan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito yang mampu mendongkrak penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD),' jelasnya. 

Menurutnya, lokasi tersebut merupakan objek wisata langka untuk wilayah Kalteng dan juga merupakan salah satu produk unggulan selain rotan, karet dan nenas parigi. 

'Sedangkan untuk jumlah populasi kerbau rawa di wilayah Kecamatan Jenamas sangat besar antara 5.000 hingga 10.000  ekor,' bebernya.      

Oleh sebab itu, lanjut, dia pihaknya berencana akan membangun fasilitas maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya dilokasi wisata tersebut sehingga nyaman untuk dikunjungi. 

'Supaya bisa dikenal oleh masyarakat luas, kita nantinya akan mempromosikannya dengan mengikuti pameran, baik ditingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional,' ucapnya. 

Ia menambahakan, setiap ada kegiatan pameran, pihaknya juga akan memperkenalkan tempat pariwisata lainnya seperti danau Sanggu, rumah terapung di desa Bambaler di kecamatan Dusun Selatan serta liang lempang dan air terjun di kecamatan Gunung Bintang Awai. 

'Selain itu kita akan mempromosikan berbagai produk unggulan Barsel yang diantaranya rotan, karet dan nenas parigi,' ucapnya. (URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru