Pelabuhan Samudera Bakal Makmurkan Rakyat Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Juni 2016 - 19:33 WIB

BORNEOENWS,Kasongan-Bupati Ahmad Yantenglie menuturkan dengan adanya pelabuhan samudera yang akan dibangun di Perairan Pegatan Kecamatan Katingan Kuala diharapkan bakal memakmurkan masyarakat di daerahnya.

Hal ini disampaikan orang nomor satu di Katingan ini saat melakukan safari Ramadan di Kelurahan Pegatan Hulu Kecamatan Katingan Kuala, Minggu (26/6).

Menurut Bupati Tenglie, rencana pembangunan pelabuhan samudera ini sudah mendapat respon positif dari pemerintah pusat.

"Yang jelas strategi pembangunan pelabuhan samudera ini sudah mendapat respon positif dari pusat. Bahkan nanti pembuatan AMDAL (analisis dampak lingkungan) maupun DED langsung ditanggung pihak pemerintah pusat," katanya.

Bupati mengatakan jika komitmennya untuk menjadikan Kabupaten Katingan lebih maju dibanding kabupaten/kota Kalteng sangat tinggi.

"Makanya selama masa pemerintahan saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk merancang dan merencanakan hal-hal yang sifatnya besar serta visioner. Memang tidak instan dirasakan, tapi manfaatnya akan kelihatan setelah semuanya berjalan," tegasnya.

Untuk itulah, Bupati Tenglie bakal menjadikan wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai menjadi kawasan lumbung pangan dan menjadikannya pusat kawasan industri di daerahnya.

Untuk itu pembangunan jalan poros selatan yang menghubungkan Desa Hampangen Kecamatan Tasik Payawan menuju Desa Mendawai Kecamatan Mendawai sepanjang 126 Km sebagai penunjangnya.

Wilayah Mendawai dan Pegatan ini strategis untuk kawasan industri, sebab berdekatan dengan pelabuhan samudera itu nantinya.

Dirinya berharap, ke depan Pegatan dan Mendawai bakal menjadi kawasan agropolitan meskipun secara administrasi berbeda kecamatan.  Wilayah Mendawai dan Pegatan ini, katanya merupakan lumbung padi di Kabupaten Katingan.   (GP/*)

Berita Terbaru