Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Para Kepala Puskesmas di Katingan Tandatangani Spanduk Siap Akreditasi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Agustus 2016 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Para Kepala Puskesmas di wilayah Kabupaten Katingan berkomitmen siap melaksanakan akreditasi saat acara sosialisasi akreditasi puskesmas di Aula Dinas Pendapatan Daerah, di Kasongan, Senin (1/8/2016). Mereka menandatangani spanduk komitmen disaksikan Bupati Katintan, Ahmad Yantenglie, Ketua Komisi I DPRD Katingan, Karyadi, Kepala Dinas Kesehatan Robertus Pamuriyanto.

Tak ketinggalan, Bupati Ahmad Yantenglie dan Ketua Komisi I DPRD Katingan, Karyadi serta Kadis Kesehatan Robertus juga membubuhkan tandatangan komitmen tersebut.

"Banyak hal yang dipersiapkan terkait akreditasi puskesmas ini. Di Katingan ada 16 puskesmas tersebar di sejumlah wilayah kecamatan, dan target kita pada 2017 beberapa puskesmas sudah terakreditasi. Pada 2019 direncanakan semua puskesmas sudah terkareditasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Katingan, Robertus Pamuriyanto.

Untuk itu Robertus meminta saran pendapat dari berbagai pihak termasuk Bupati Ahmad Yantenglie dan DPRD dalam hal ini Ketua Komisi I yang bersedia hadir, Karyadi.

Robertus mengakui, tenaga kesehatan di puskesmas-puskesmas masih kurang, padahal keberadaan tenaga kesehatan ini adalah diantara yang akan dinilai oleh tim penilai akreditasi nantinya. Selain itu, peralatan kesehatan dan sarana prasara puskesmas juga masih minim. Oleh karena itu ia berharap dukungan dari anggaran APBD.

Bupati Ahmad Yantenglie mengatakan akreditasi ini merupakan standar kualitas. "Kalau berbicara standar tentu ada syarat-syarat yang kita penuhi. Ini sangat penting sekali, yang pertama kita harus mengetahui keinginan, dan kemauan akreditasi itu," katanya.

Untuk itu diperlukan sebuah komitemen. Menurut Bupati, ini yang sangat penting, sebab tanpa keinginan bersama jelas tidak akan tercapai. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru