Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FKUB Lamandau Pastikan Turut Amankan Hari Raya Natal

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 Desember 2016 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lamandau memastikan akan turut andil dan siap dilibatkan dalam upaya pencegahan terjadinya gangguan, khusunya saat suatu kelompok melakukan peribadatan keagamaan.

Karenanya, FKUB Lamandau memastikan akan turut serta menyejukkan suasana dengan menjaga keamanan dan ketentraman di sejumlah pusat peribadatan, termasuk pada perayaan Natal 2016.

Ketua FKUB kabupaten Lamandau Yusuf Ahmad Noor kepada Borneonews, Minggu (4/12/2016), mengatakan, sebagai lembaga yang bertugas menjaga kerukunan umat beragama, dalam beberapa waktu terakhir ini, FKUB kerap kali dilibatkan dalam rapat-rapat persiapan menjelang perayaan Natal 2016 yang secara umum tidak jauh berbeda dengan persiapan pada tahun sebelumnya.

"Kita tentu akan terlibat dalam melakukan pengamanan dan memastikan ketertiban di area rumah ibadah, sehingga ummat yang merayakan Natal merasa nyaman dan aman, untuk itu peran kita (FKUB) tak jauh berbeda seperti kegiatan-kegiatan peribadatan pada umumnya, membantu pihak keamanan dalam hal ini kepolisian dan TNI," katanya.

Tak hanya itu, Yusuf Ahmad Noor, juga mengatakan bahwa secara internal FKUB masih akan melakukan rapat internal untuk mematangkan persiapan. Termasuk melakukan pembagian zonasi dan jumlah sumberdaya manusia yang nantinya akan diterjunkan.

"Yang jelas, tempat peribadatan (Gereja) yang ada di perkotaan pasti akan kita sebar anggota, anggota kita bertugas melakukan perbantuan pengamanan sejak awal hingga akhir kegiatan peribadatan Natal," kata dia.

Jika pada peringatan Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha anggota FKUB yang melakukan pengamanan adalah mereka yang non muslim, Yusuf juga memastikan bahwa pengamanan untuk natal ini tentu sebaliknya.

"Anggota yang akan berjaka tentu anggota FKUB yang non-Kristiani dan Katholik, seperti teman-teman dari muslim, Hindu Kaharingan dan yang lainnya," jelasnya.

Pihaknyapun berharap agar peringatan dan perayaan Ibadah Natal tahun ini dapat berjalan lancar dan tanpa adanya gangguan apapun. (HENDI NURFALAH/m)


TAGS:

Berita Terbaru