Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda: Jumlah Sawah Produktif di Katingan Seluas Tujuh Ribu Hektare

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 Januari 2017 - 15:48 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jumlah sawah tanaman padi yang produktif di Kabupaten Katingan sejauh ini baru mencapai tujuh hektare. Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, namun Katingan setiap tahun sejak 5 tahun terakhir selalu surplus gabah/beras.

"Saat ini sawah tanaman padi di wilayah kita yang produktif seluas 7 ribu hektare, dan yang paling banyak berada di wilayah hilir seperti Kecamatan Katingan Kuala," sebut kata Sekda Katingan, Nikodemus, di Kasongan, Sabtu (21/1/2017). 

Selain tanaman padi, lahan sawah seluas itu juga ditanami palawija, seperti kacang tanah, jangung maupun kedelai. Namun sebagian besar adalah tanaman padi.

"Petani kita terutama di wilayah hilir Katingan itu sudah panen dua kali dalam setahun, dan bahkan ada petani yang sudah bisa panen tiga kali dalam setahunnya," ungkapnya.

Jumlah luasan sawah 7 ribu hektare ini belum termasuk program cetak sawah dari pemerintah pusat tahun 2016 kemarin. Program cetak sawah itu sendiri Katingan kebagian 5 ribu hektare cetak sawah baru tersebar di 5 wilayah kecamatan, yakni Katingan Tengah, Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing, Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala.

"Harapan kita untuk musim tanam Oktober-Maret ini program cetak sawah itu sudah bisa menghasilkan. Sehingga produktifitas gabah kita semakin besar kedepannya," harap Sekda Nikodemus. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru