Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kamaludin: Kita Fokus Cari Buyer Jagung

  • Oleh Cecep Herdi
  • 23 Januari 2017 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Para petani jagung di Kotawaringin Barat (Kobar) terkendala pemasaran atau pembeli jagung hasil panen. Sehingga, program pajale khusus tanaman jagung kurang memuaskan meski panen petani berlimpah.

"Tahun ini pajale sudah di bawah dinas yang saya pimpin. Kami akan pelajari dan cari tahu kendalanya. Karena yang saya tahu kemarin, sudah ada buyer jagung dari Banjarmasin," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Kobar, Kamaludin, Senin (23/1/2017).

Menurut perkiraannya, yang menjadi permasalahan bagi para buyer ini adalah standar jagung hasil panen. "Jagung pipilan ini kan ada standarnya dan berpengaruh terhadap harga," kata dia.

Sebelumnya, para kelompok tani jagung di Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kobar mengeluhkan tidak tersedia buyer saat jagung mereka siap panen. Sehingga para petani terpaksa harus mencari buyer sendiri untuk menjual jagung dari program pemerintah tersebut.

Sementara itu, bulog sendiri hanya menerima beras lokal yang diproduksi para petani. Bulog hingga saat ini belum menerima penjualan jagung dari petani lokal. (CECEP HERDI/B-2) 

Berita Terbaru