Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada, Empat Penyakit ini Rawan Menyerang saat Musim Kemarau

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 26 Januari 2017 - 16:23 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur, Faisal Novendra mengimbau agar masyarakat waspada dengan berbagai penyakit yang bisa muncul di musim kemarau.

Beberapa penyakit yang harus diwaspadai tersebut seperti infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), demam berdarah dengue (DBD), diare, dan penyakit kulit.

Faisal menuturkan, di musim kemarau terjadi suhu yang cukup panas, sehingga dapat membuat daya tahan tubuh cenderung menurun. Selain itu, udara kering, sumber air berkurang, dan banyak debu membuat orang mudah terserang beberapa penyakit.

"Penyakit seperti ISPA, demam berdarah dengue, diare, dan penyakit kulit harus diwaspadai masyarakat," ujar Faisal , Kamis (26/1/2017).

Faisal menjelaskan, selain itu kondisi di musim kemarau biasanya diwarnai dengan berkurangnya sumber air bersih dan udara yang kering, sehingga membuat lingkungan menjadi semakin tidak sehat dan menyebabkan beberapa penyakit rentan menyerang masyarakat di musim kemarau.

Terkait itu, masyarakat diingatkan untuk menjaga lingkungan serta pola hidup bersih, guna mengantisipasi datangnya penyakit pada musim kemarau.

"Masyarakat harus mengantisipasi penyakit-penyakit tersebut dengan cara menutup tempat penampungan air serta wadahnya guna mengurangi risiko diare, serta menggunakan pelindung atau masker, ketika sedang keluar rumah khususnya yang menggunakan sepeda motor. Juga perbanyak konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta perbanyak minum air putih," pesan dia. (RIAN NAFARIN LUFFI/B-11)

Berita Terbaru