Begini Tips Tangani Sil Tabung Gas yang Bocor

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 Februari 2017 - 12:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komandan Regu 1 sekaligus Koordinator Sosialisasi Pencegahan plus Instruktur Damkar Kota Palangka Raya, Sucipto membagikan tips menanggulangi sil tabung gas yang bocor.

Bermula dari penuturan seorang ibu rumah tangga, Nurhamidah (30) yang mengalami kasus tersebut, Selasa (14/2/2017). Warga Jalan Jatayu XII, Perumahan Bumi Pahandut III, Palangka Raya itu panik setelah mencium bau gas, termasuk warga setempat. Namun warga tak berbuat apa-apa, hingga petugas pemadam kebakaran datang.

"Kalau terjadi hal seperti ini (sil tabung gas bocor), langkah pertama ambil kain basah. Kemudian letakan ke bagian gas, sampai rata ke lantai. Ini untuk mengurangi temperatur panas," kata Sucipto, Rabu (15/2/2017).

"Jangan matikan atau menghidupkan saklar listrik baik yang mati maupun hidup," imbuhnya.

Kemudian, lanjut dia, buka semua pintu atau jendela agar gas yang beredar dapat keluar. Sehingga presentasi gas berkurang dari yang misalnya 80 persen bisa menjadi 20 persen.

"Jadi, tabung gas itu tidak bisa meledak. Yang meledak adalah gasnya. Kenapa pada saat sil bocor tidak boleh menyalakan listrik. Karena gas otomatis memenuhi ruangan dan rawan meledak," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru