Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karya Penulisan Ilmiah Guru di Kalteng Memprihatinkan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 24 Februari 2017 - 05:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Produktivitas guru di Kalimantan tengah (Kalteng) dalam mengambangkan budaya tulis dengan memproduksi hasil karya berupa penulisan ilmiah cukup memprihatinkan. Ini karena secara jumlah, terbilang sangat minim. Kondisi ini mendapat kritik dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalteng.

Idealnya, Guru tidak hanya dituntut pintar mendampingi atau menyuruh anak didiknya untuk rajin membuat karya tulis ilmiah. Namun untuk dirinya sendiri justru dilupakan. Dengan alasan beban kerja dan berjibun alasan lainnya.

'Agar penulisan ilmiah dikembangkan di sekolah. Bukan hanya siswanya disuruh kreatif, tetapi hal yang sama berlaku untuk para gurunya,' tegas Kepala LPMP Kalteng Krisnayadi Toendan kepada Borneonews, Kamis (23/2/2017).

Dari tahun ke tahun, beber Krisnayadi, kondisi (guru buat karya tulis ilmiah) hanyalah sedikit persentasenya. Karena tidak terlalu banyak itulah akhirnya menjadi buah bibir dan bahan evaluasi semua dinas terkait.  

'Guru untuk membuat karya tulis ilmiah jumlahnya sangat sedikit.  Tidak ada sumbangsih guru Kalteng menulis di Karya tulis ilmiah. Juga tidak ada sumbangsih guru Kalteng menulis buku pembelajaran bagi anak didik,' kata Krisnayadi. (ROZIQIN/N).

Berita Terbaru