Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kobar Targetkan 20 Desa Terlayani Air Bersih

  • Oleh Cecep Herdi
  • 12 April 2017 - 15:24 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar tahun ini menargetkan sebanyak 20 desa terpenuhi air bersih. Dua puluh desa tersebut tersebar di beberapa kecamatan seperti Arut Utara, Arsel, Kotawaringin Lama (Kolam), dan Kumai.

"Melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Penduduk (Pamsimas) kami targetkan tahun ini ada dua puluh desa yang memang krisis air bersih," ujar Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kobar, Alfa Husain, Rabu (12/4/2017).

Program yang didanai dari APBN sebagian besarnya itu merupakan program penyediaan air bersih di desa yang krisis air bersih. Di desa yang terpilih nanti akan dibangunkan penampung air lengkap dengan saluran pipa hingga sampai ke rumah-rumah penduduk. "Enam belas desa didanai dari pusat dan empat lagi didanai dari APBD Kobar," ujar alfa.

Dalam proses pengolahan sumber baku sampai siap konsumsi nantinya akan dilakukan oleh pemerintah desa. "Nanti akan ada yang mengurusi bagiannya seperti karang taruna atau KKM untuk pengolahan air bersih tersebut. Kami dan pemerintah pusat menyiapkan anggaran untuk pembangunan tempat pengolahan sumber air bersihnya," katanya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru