Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menariknya Ikon Jelawat dalam Sampit Etnik Karnaval

  • Oleh Naco
  • 29 April 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit  - Menariknya hasil kreasi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yang menampilkan ikon Kota Sampit yakni ikan Jelawat. Berbagai karakter jelawat dipadukan dengan khas busana daerah membuat ciri khas dan menarik perhatian tersendiri.

Seperti  Kecamatan Mentaya Hilir Utara, dalam Sampit Etnik Karnaval menampilkan ikon kota Sampit yakni ikan jelawat atau biasa disebut dengan nama ilmiahnya Leptobarbus Hoeveni. Ikan jelawat berasal dari perairan sungai dan danau asli dari semenajnung Malaya dan pulau Kalimantan I.

'Ikan Jelawat ukurannya cukup besar, bahkan dapat mencapai 60 centimeter dan merupakan pangan yang cukup populer dan dihargai di Asia Tenggara,' kata Camat Mentaya Hilir Utara, H Yahya, dalam kegiatan budaya Sabtu (29/4/2017) yang dipusatkan di Taman Kota Sampit tersebut.

Jelawat juga merupakan hewan pemakan segala (omnivora) dan hidup berkelompok.'Ikan jelawat sampai nantinya akan jadi kebangga warga Bumi Habaring Hurung, karena sudah menjadi ikon Kabupaten,' ucap Yahya.

Tidak hanya Mentaya Hilir Utara yang ikut menampilkan ikon kota Sampit, penampilan ikon kota juga hampir ditampilkan oleh seluruh perwakilan Kecamatan yang ada di Kotim termasuk peserta Sampit Etnik Karnaval dari kalangan SOPD dan sekolah-sekolah.

Bahkan perwakilan peserta dari SMPN 1 Kota Besi, membentangkan batik Kotim dengan ikon ikan Jelawat. Selain itu sejumlah guru dan pejabat di lingkungan SOPD sebagai kecintaannya juga menggunakan batik jelawat. (NACO/N).

Berita Terbaru