Antisipasi Stok Darah, Saat Ramadan PMI Buka Posko Malam Hari

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Mei 2017 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna mengantisipasi terjadinya kekurangan stok darah pada selama Ramadan, pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membuka posko pelayanan nonor darah hingga malam hari.

Menurut Kepala Markas PMI Kotim M Yusuf, ketika memasuki bulan puasa donor darah pada siang hari akan berkurang drastis. Sehungga dengan adanya hal itu, maka pihaknya akan membuka pelayanan pada malam hari.

Pelayanan donor darah tetap kita lakukan selama Ramadan, dan itu dilakukan pada malam hari mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, ujar M Yusuf, Rabu (17/5/2017).

Posko pelayanaan donor darah tersebut dilakukan di Markas PMI Kotim, Jalan Ahmad Yani Sampit. Hal itu dilakukan dengan harapan agar stok darah tetap mampu memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan.

Saat ini, stok darah di PMI Kotim masih aman. Apalagi pada Mei 2017 ini, cukup banyak kegiatan donor darah massal, baik yang dilakukan oleh warga di Kota Sampit, maupun di luar kota. Seperti di kawasan perkebunan kelapa sawit. Untuk stok darah, yang paling banyak dalah golongan B dan O, kata Yususf.

Sementara saat ini, antusias masyarakat untuk melakukan donor darah semakin meningkat. Hal ini bisa terlihat banyaknya kegiatan donor darah yang dilakukan, baik donor darah massal maupun perorangan. Bahkan, partisipasi kalangan generasi muda untuk melakukan donor darah juga cukup tinggi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru