Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Desa Kayumban Bagai Kubangan Kerbau

  • Oleh Uriutu
  • 22 Juni 2017 - 13:58 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Kondisi jalan Desa Kayumban, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan jadi lumpur bagikan kubangan kerbau.

'Kita sangat mengeluhkan kondisi jalan yang mengalami rusak parah, berlubang, becek dan berlumpur bagikan kubangan kerbau,' kata Topan, warga Desa Kayumban kepada Borneonews.co.id, Kamis (22/6/2017).

Kondisi jalan seperti ini hampir membuat warga Desa Kayumban terisolir. Pasalnya jalan ini satu-satunya akses jalan darat keluar dari desa menuju kecamatan maupun kabupaten.

Meski rusak, tapi jalan ini tetap ramai dilewati masyarakat. 'Kalau kita ada urusan penting apapun yang terjadi tetap melintasi jalan yang rusak. Apalagi nanti kalau masuk sekolah anak-anak harus melalui jalan yang rusak seperti ini,' keluhnya.

Dia menyebut kondisi jalan ini semakin parah karena kerusakan ini kurang lebih dua tahun. Apalagi kalau hujan terus, seandainya ada perhatian dari pemerintah maka parahnya tidak akan seperti ini.

Kepala Desa Kayumban, Isa Koswoyo mengatakan kerusakan jalan poros dan dalam desa ini sangat parah. Ada enam titik kerusakan dari jalan poros hingga dalam desa.

Pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan perbaikan jalan ini melalui musrenbangdes dan musrenbang kecamatan, namun belum terealisasi.

'Kita beberapa waktu yang lalu bergotong royong dengan warga melakukan perbaikan alakadarnya, namun tidak bertahan lama rusak kembali,' ucapnya.

Tahun ini pihaknya telah menganggarkan dana perbaikan jalan poros dan dalam desa ini dari anggaran dana desa sebesar Rp160 juta, namun dananya belum cair. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru