Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debit Air DAS Katingan Mulai Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Juni 2017 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Debit air di Daerah aliran sungai (DAS) Katingan, Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhir mulai menyurut.

Pantauan borneonews.co.id Kamis (29/6/2017) di sekitar Pelabuhan Hurung Kasongan, penyurutan air Sungai Katingan ini kira-kira setinggi dua meter lebih dari permukaan air ke bibir sungai.

Surutnya Sungai Katingan ini juga menyebabkan perubahan posisi rumah apung maupun keramba ikan yang ada di sungai tersebut.

Meskipun air mulai surut belum terlihat gundukan pasir di tengah sungai. Akan tetapi diprediksi jika dalam seminggu kedepan tidak ada hujan turun maka air Sungai Katingan akan bertambah dangkal dan biasanya akan muncul gundukan pair di tengah sungai yang biasa disebut warga setempat 'gosong'.

"Sudah sejak lebaran kemarin air Sungai Katingan ini terus menyurut," kata Didik warga Kasongan kepada borneonews.co.id.

Penyurutan air Sungai Katingan ini, ujarnya menandakan kalau musim kemarau tahun ini sudah tiba, meski kadang hujan masih turun dengan intensitas ringan.

"Memang kadang masih ada hujan, tapi sebentar dan itu hanya rintik-rintik, wajar kalau Sungai Katingan sekarang sudah mulai surut karena memang hujan lebat di Kasongan dan sekitarnya sudah jarang ada hujan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru