Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Murid Kelas I SDN 4 Menteng Tidak Langsung Belajar Formal

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juli 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peserta didik yang baru masuk di kelas I di SDN 4 Menteng, Kota Palangka Raya, tidak langsung diajak belajar formal. Mereka juga tidak harus duduk di kursi dengan rapi dan tangan dilipat di atas meja.

Murid kelas I yang memang baru saja meninggalkan taman kanak-kanak (TK) tidak langsung direnggut dunia bermain mereka. "Suasana sekolah yang menyenangkan membuat murid semangat belajar," ungkap Ernawati, kepala SDN 4 Menteng kepada Borneonews, Senin (17/7/2017).

Ia menurutkan, murid kelas I memang diberikan ruang dan waktu khusus untuk bermain layaknya anak kecil. Sehingga tidak melulu menghadap papan tulis dan mendengar penjelasan materi pelajaran dari guru.

"Iya anak-anak kelas I sebelum belajar kita beri ruang untuk bermain dan membaca buku. Belajar sambil bermain, sedankan guru tetap sebagai pemandu," tuturnya.

Menurut Ernawati, pada saat penerimaan peserta didik baru pihaknya hanya melakukan seleksi berkas serta wawancara. Cara terakhir dilakukan untuk melihat sikap calon peserta didik.

"Kita tidak meminta calon peserta didik menulis nama atau membaca, yang dinilai hanya berkas salah satunya untuk melihat usia anak serta hasil wawancara dengan murid, itu sudah cukup. Hasilnya, dari 200 pendaftar, loloslah 128 peserta didik baru," tutur Ernawati yang juga menjabat sebagai ketua PGRI Kota Palangka Raya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru