Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Barito Selatan Buat Terobosan Baru, Apa itu

  • Oleh Uriutu
  • 11 Agustus 2017 - 18:12 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Barito Selatan (Barsel), buat terobosan baru sebagai salah satu bentuk peningkatan pelayanan. Yakni pelayanan terintegrasi pada tahun 2017.

Kepala Disdukcapil Barsel, Nyamei Tumbai mengatakan, pelayanan terintegrasi ini yaitu pengurusan satu dokumen kependudukan bisa dapat lebih dari satu dokumen.

Contohnya, warga mengurus akta perkawinannya dengan persayaratan yang lengkap. Maka akan diterbitkan aktanya. Tak hanya itu, juga diterbitkan kartu keluarga kedua mempelai, kemudian diterbitkan kartu keluarga orang tua, dan menerbitkan e-KTP dengan status baru yakni sudah menikah.

'Akhirnya mereka bukan hanya mendapatkan akta perkawinan namun juga dapat KK yang baru, orangtuanya mendapatkan kartu KK perubahan dan mempelai mendapatkan KTP elektronik dengan status yang baru,' jelas dia.

Menurutnya, masyarakat tanpa harus mengajukan beberapa permohonan hanya satu dokumen kependudukan bisa dapat lima dokumen, asalkan persyaratan lengkap. Namun, jika masih ada syarat yang kurang harus dilengkapi sehingga bisa dikeluarkan atau diterbitkan dokumen kependudukannya. 

Ditambahkannya, dalam beberapa minggu ke depan disdukcapil akan memberlakukan sistem antre. Agar warga tidak berebut mengurus dokumen-dokumen kependudukannya. 'Sistem antre yang digunakan sama seperti pelayanan di bank-bank," pungkasnya. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru