Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Studi Potensi Pasar untuk Maksimalkan PAD

  • Oleh Ramadani
  • 24 September 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Anggota Fraksi GKKB DPRD Barito Utara (Barut) Jamilah berpandangan, salah satu potensi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemerintah kabupaten setempat adalah retribusi pasar. Oleh sebab itu dilakukannya studi potensi pasar guna memaksimalkan pendapatan PAD dari sektor tersebut.

'PAD dari retribusi pasar ini sangat potensial, maka dari itu diperlukan kegiatan studi pasar dalam rangka memenuhi target PAD,' kata Jamilah, Minggu (24/9/2017).

Ia beserta Fraksi Gerakan Keadilan Karya Bangsa (F-GKKB) terus mendorong eksekutif lebih memaksimalkan potensi yang ada untuk meningkatkan PAD.

Selain tersebut, ia juga mengharapkan agar pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan tahun anggaran 2017 bisa lebih cepat, terbuka, dan transparan.

Terpisah, dalam rangka mengejar pemenuhan target PAD tahun 2017 dari retribusi pasar, Dinas Perdangangan dan Perindustrian (Disdagrin) melakukan trobosan-trobosan. Trobosan tersebut yakni dengan jemput bola mendatangi para pedagang ke lokasi pasar Pendopo dan membuka pembayaran sewa lapak pedagang.

Hal tersebut dilakukan Bidang Pasar Disdagrin lantaran masih banyaknya pedagang yang menunggak pembayaran sewa lapak. Alasan pedagang yang menunggak, karena tidak bisa datang ke kantor Disdagrin sebab ada banyak kesibukan.

'Kita mengejar target PAD dan pedagang sudah dipermudah, yakni dengan kita yang mendatangi ke Pasar Pendopo ini. Kekurangan PAD yang dikejar Disdagrin yakni sebesar Rp 200 juta lebih dari target penerimaan PAD tahun 2017 sebesar Rp 800 juta,' ungkap Kepala Disdagrin Barito Utara, Drs H Hajrannor melalui Kabid pasar H Adi Haryadi.

Menurut Adi, pedagang yang banyak memiliki tunggakan berada di pasar Pendopo. Pedagang di pasar ini jumlahnya terbanyak dari pasar-pasar lainnya yang ada di Kota Muara Teweh, yakni dengan total 697 orang.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru