Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Deteksi Dini Hama Rayap Tanaman Sawit Gunakan Sistem Umpan

  • Oleh Ediya Moralia
  • 15 November 2017 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rayap menjadi salah satu hama Utama bagi tanaman kelapa sawit. Jenis rayap yang sangat berbahaya bagi kelapa sawit yaitu Captotermis curvignatus. Jenis rayap C. curvignatus merusak jaringan meristematis, pada tingkat serangan berat dapat menimbulkan kematian tanaman.

'Meski serangan rayap masih di bawah 5%, namun harus selalu diwaspadai dan perlu adanya deteksi dini keberadaan populasi rayap untuk menghindari kerusakan yang parah,' tutur Head of Research Sulung Research Station (SRS) PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) Fizrul Indra Lubis kepada Borneonews, baru-baru ini.

Sulung Research Station lalu menggelar penelitian yang bertujuan mendeteksi serangan rayap lebih dini untuk meminimalisir kerusakan.

Ada pun bahan utama dalam penelitian ini adalah stik berasal dari kayu karet dengan berbagai ukuran.

Sementara pengamatan dilakukan dengan menghitung jumlah dan jenis rayap yang tedapat pada stik. Rayap yang diperoleh dari stik selanjutnya disimpan dalam botol yang berisi Etanol 70% kemudian diidentifikasi di Laboratorium Biologi Sulung Research Station dengan menggunakan mikroskop dan buku identifikasi serangga, serta perbandingan dengan gambar yang telah dipublikasikan.

Pengamatan konsumsi rayap dilakukan dengan mengambil stik dan dicuci dengan air mengalir kemudian dioven 80'C selama 24 jam kemudian ditimbang. Konsumsi rayap pada stik dihitung dengan menghitung selisih antara berat stik sebelum diaplikasikan dengan berat setelah diaplikasikan.

Lalu, bagaimana kesimpulan penelitian ini

Wahyu Listyaningrum, Kasie Laboratorium Biologi Sulung Research Station PT. Sawit Sumbermas Sarana, Tbk menjelaskan bahwa, 'Ternyata ada tiga jenis rayap ditemukan pada penelitian ini yaitu Captotermes curvignatus (Isoptera: Rhinotermitidae), Captotermes formosanus (Isoptera: Rhinotermitidae) dan Shcedorhinotermes (Isoptera: Termitidae). Adapun ukuran stik dengan jumlah rayap banyak ditemukan pada ukuran 30 cm dan 75 cm."

Jika tertarik untuk melakukan deteksi dini jenis rayap yang kerap menyerang tanaman sawit di kebun sawit Anda, Sulung Research Station siap berbagi informasi. Hubungi Sulung Research Station melalui email ke [email protected], atau hubungi nomor telepon 0532-21297 ext 5591. (m)

Berita Terbaru