Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Imbau Agar Masyarakat Peduli Lingkungan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 04 Januari 2018 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Triyanto menyoroti permasalahan sampah di Kobar khususnya dalam Kota Pangkalan Bun.

Menurut Tri, menumpuknya sampah di sekitar trotoar baik sampah organik mau pun anorganik harus disikapi serius. Pasalnya, hal ini menunjukkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Hal itu merupakan perilaku yang tidak baik dari sebagian masyarakat kita. Pangkalan Bun ini sudah 11 kali berturut-turut mendapatkan Adipura. Saya berharap kepada masyarakat agar sadar akan kebersihan," kata Triyanto saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Kamis (4/1/2017).

Politisi Partai Gerindra itu meminta agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, sampah apabila dikelola dengan baik tidak hanya lingkungan yang bersih tapi bisa menghasilkan barang yang bermanfaat. Seperti sampah anorganik seperti plastik bisa didaur ulang menjadi berbagai kerajinan. Sedangkan sampah organik bisa digunakan untuk pupuk tanaman.

"Saya berharap kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah sembarangan. Untuk pasukan kebersihan jumlahnya juga terbatas. Sehingga, saya mengimbau kepada kepala lingkungan agar memberitahukan kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan. Syukur-syukur kalau di situ ada swadaya masyarakat di setiap lingkungan untuk membuat pos sampah sendiri," pungkas dia. (HARDY/B-8)

Berita Terbaru