Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Desa di Gunung Mas Tidak Gunakan Dana Desa Untuk Pembangunan

  • 05 Januari 2018 - 05:25 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Kepala Bidang Kelembagaan Perkembangan dan Kerja Sama Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Herianto, menyampaikan bahwa ada empat desa tidak memanfaatkan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017 untuk program pembangunan.

Empat desa yang tidak mengunakan DD terdiri dari Karetau Rambangun di Kecamatan Damang Batu, Sangal di Kecamatan Rungan Hulu, Kasintu di Kecamatan Tewah, dan Tumbang Baringei di Kecamatan Rungan. Bahkan, khusus Desa Sangal, juga tidak menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) sama sekali.

"Berdasarkan informasi di lapangan. penyebab tidak digunakannya ADD di Desa Sangal karena kurangnya sinkronisasi antara perangkat desa," ungkap Herianto kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/1/2018).

Dampak dari tidak digunakan Dana Desa, anggaran desa se-Kabupaten Gunung Mas pada 2018 terjadi pengurangan sebesar Rp3 miliar. "Sebab Rp3 miliar itu tidak terserap oleh empat desa pada 2017," sebut dia.

Herianto menyatakan, pihaknya menyayangkan ada desa yang tidak memanfaatkan Dana Desa. Padahal, Dana Desa berguna untuk program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di daerah itu. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru