Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Ada Desa di Kotim Tidak Teraliri Listrik

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Januari 2018 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah desa di Kabupaten Kotawaringin Timur hingga saat ini masih ada yang belum teraliri listrik, terutama di wilayah utara. Masyarakat di sana pun harus menggunakan generator set (genset) untuk kebutuhan listrik. 

"Memang saat ini masih ada desa yang belum teraliri listrik, dan hal itu masih menjadi perhatian kami," ujar Bupati Kotim, Supian Hadi. 

Tidak tersedianya jaringan listrik tersebut, salah satu penyebabnya adalah karena akses darat yang belum terbuka. Sehingga PT PLN belum bisa menyediakan jaringan listrik hingga ke daerah pedalaman. 

Pemkab Kotim terus berupaya agar akses jalan yang terisolasi tersebut bisa segara berakhir. Sehingga baik itu listrik maupun jaringan telekomunikasi bisa dapat masuk ke desa tersebut. 

"Saat ini tidak hanya listrik, namun jaringan telekomunikasi juga sulit masuk ke desa tersebut. Namun ada beberapa desa yang sudah memakai sistem very small aperture terminal (VSAT) agar mereka dapat menggunakan internet di desa tersebut," kata Supian. 

Sementara, terkait kesulitan listrik di daerah pedalaman ini. Supian mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan PLN, agar dapat memasang jaringan listrik hingga ke seluruh desa di wilayah utara.

Tetapi masih terkendala akses darat. Sedangkan pemerintah belum dapat melakukan pembukaan lahan untuk pembuatan jalan, karena terkendala status kawasan hutan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru