Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menyambut HUT TNI AU, Lanud Iskandar Bakal Gelar Lomba Menyumpit dan Memanah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 Januari 2018 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ada even menarik yang rencananya digelar bulan Februari mendatang. TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal menggelar pertandingan menyumpit dan memanah.

Komandan Lanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Ade Fitra, Selasa (16/1/2018) menjelaskan kenapa pihaknya memilih pertandingan menyumpit dan memanah.

"Selain menyambut HUT TNI AU, bulan pelaksanaaan yaitu Februari adalah Bulan Dirgantara. Kemudian pertandingan menyumpit dan memanah ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal yaitu adat sSuku Dayak, juga diharapkan bisa memicu semangat olahraga di masyarakat Kobar," jelas Danlanud.

Menurut Danlanud, pertandingan menyumpit dan memanah tersebut rencananya digelar, Kamis (18/2/2018) mendatang.

"Lokasi pertandingan sengaja dipilih di Rumah Betang Pasir Panjang. Selain pertandingan rencananya juga bakal digelar pertunjukan berupa tarian adat Dayak  oleh sanggar seni budaya Dayak yabg dipimpin oleh Pak Sumarna," jelas Danlanud.

Agar pelaksanaan kegiatan lebih menarik, lanjut Danlanud, diharapkan peserta pertandingan bisa menggunakan pakaian adat. "Bila ada peserta yang bisa menggunakan pakaian adat Dayak dari kulit kayu, rasanya akan semakin menarik. Namun bila tidak ada, paling tidak diharapkan peserta bisa menggunakan topi adat Dayak yaitu Lawung," jelas Danlanud.

Ade berharap, selain menyemarakkan Bulan Dirgantara, memicu semangat olahraga dan melestarikan budaya lokal, masih ada lagi tujuan digelarnya kegiatan ini.

"Semoga kegiatan ini bisa menjadi salah satu even budaya yang bisa menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Bila antusias peserta dan penonton bagus, ada harapan kegiatan ini bakal digelar secara berkelanjutan," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru