Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Lamandau Tak Lagi Serahkan Pengurusan Kebersihan Kepada Pihak Ketiga

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 22 Januari 2018 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Badan Layanan Umum (BLU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamandau tahun 2018 ini tak lagi menyerahkan pengurusan kebersihan kepada pihak ketiga.

"Tahun ini (2018) soal pengelolaan kebersihan RSUD tak lagi kita serahkan kepada pihak ketiga, tugas pengelolaannya kembali dilakukan secara swakelola," kata Direktur RSUD Lamandau dr Jozeb HF Rumouw, Senin (22/1/2018).

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Lamandau itu menjelaskan, pengambilalihan kembali pengelolaan kebersihan RSUD karena pengelolaan oleh pihak ketiga yang coba diterapkan di tahun 2017 lalu kurang memuaskan.

"Alasan pengambilalihan pengelolaan ini banyak, antara lain jumlah petugas cleaning service (CS)-nya kurang memadai, karena dari kebutuhan sekitar 26-30 orang ternyata sengaja dikurangi oleh pihak kontraktor menjadi sekitar 13 orang, untuk mengambil untung," katanya.

Selain itu, sebut Jozeb, kendala lainnya pihak RSUD cukup sulit untuk meminta petugas melakukan kinerjanya secara maksimal, kondisi itu terjadi karena petugas merasa tidak diupah langsung oleh RSUD, melainkan oleh perusahaan atau pihak ketiga yang menaunginya.

"Pengawasan dari peusahaan kepada petugas CS seringkali kurang, sehingga jika kami (RSUD) komplain, jalurnya tidak bisa langsung menegur atau mengomplain petugas CS-nya, termasuk dalam sejumlah hal-hal teknis lain," kata dia. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru