Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bermodalkan Ilmu Tabulapot, Bapa Hasan Jual Tanaman Siap Panen

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Januari 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Bapa Hasan yang berprofesi sebagai petani memilih usaha menanam dan menjual cabai dalam pot.

Bapak empat anak itu mengaku menjalankan usaha tersebut dengan pola tabulapot (tanaman buah dalam pot) yang telah lama populer di Pulau Jawa.

Namun Bapa Hasan hanya mengaplikasikannya pada tanaman sayuran seperti cabai, terong, daun sop, daun bawang, tomat, dan beberapa jenis lainnya.

"Yang benar-benar buah seperti kelengkeng dan lain-lain itu saya belum bisa karena kan harus kecil saja pohonnya di dalam pot. Kalau cabai dan tomat kan memang kecil jadi gampang, terong juga," kata Bapa Hasan, Selasa (23/1/2018).

Konsep tabulapot, menurut Bapa Hasan, ialah tanaman yang kecil dan tetap bisa ditanam dalam pot. Namun memberikan hasil yang sama seperti ditanam di tanah.

"Jadi tanaman ini sudah siap panen waktu orang membeli dari saya. Ada juga yang minta tanaman yang belum keluar buahnya, tapi tidak banyak. Kebanyakan lebih suka yang sudah mulai berbuah, misalnya cabai, yang buahnya sudah lebat dan masak. Jadi begitu dibawa ke rumah tinggal ditata rapi. Kalau mau dipindah ke tanah juga bisa. Tapi kalau mau tetap di dalam polybag juga tidak masalah," sebutnya.

Bapa Hasan membandrol harga tanaman hasil budidayanya cukup murah. Yakni Rp5.000 hingga Rp15.000 saja per polybag. Warga yang berminat bisa datang ke kebun Bapa Hasan di Jalan Tenggiri, Tingang, Kota Palangka Raya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru