Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keramba Masih Dominasi Produksi Ikan Budidaya di Kobar

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 24 Januari 2018 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun-Produksi ikan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berdasarkan sumbernya terbagi dua, Yakni, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Hingga saat ini, produksi ikan keramba masih mendominasi produksi ikan budidaya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Ikan yang paling banyak dibudidayakan di Kobar yakni ikan Mas, Nila, Patin, dan Lele.

"Dalam setahun, (pembudidaya ikan) di Kobar bisa menghasilkan lima ribu ton ikan dari keramba, kolam dan tambak," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Hepy Kamis saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (24/1/2018).

Selain itu, lanjut dia, untuk bisa membudidayakan ikan dengan baik, kolam harus steril dari hewan lain seperti ayam dan sapi. Pasalnya, sebagai sumber protein protein yang baik, ikan harus dijauhkan dari hewan-hewan tersebut. Sehingga, ikan tidak berpenyakit dan aman untuk dikonsumsi.

"Untuk harga ikan saat ini mencapai Rp30 ribu lebih perkilogram dan itu termasuk mahal untuk masyarakat Kobar. Harga Pokok Produksi (HPP) kita itu sekitar Rp20 ribu per kilogram. Harga yang sekarang itu tergantung dari jumlah produksi bahan pakan ikan ke nelayan," terang dia. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru