Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Peternakan di Wilayah Utara Kotim Belum Didukung Fasilitas Pasar

  • Oleh Naco
  • 26 Januari 2018 - 10:38 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Pengembangan sektor peternakan di wilayah utara Kabupaten Kotawaringin Timur mengalami kendala. Salah satu penyebabnya ialah tidak tersedianya fasilitas penunjang yang bisa menjadi wadah pemasaran hasil peternakan warga.

Anggota Komisi III DPRD Kotim Sutik mengatakan, wilayah utara yang mencakup Parenggean, Tualan Hulu, Antang Kalang, Telaga Antang, dan Bukit Santuai, sangat menjanjikan untuk lokasi pengembangan peternakan, seperti sapi dan kambing. Mengingat banyak ketersediaan pakan.

Sayangnya, masyarakat kesulitan memasarkan hasil peternakan mereka lantaran ketiadaan pasar.

"Dari itu sebagaimana usulan warga, mereka meminta agar dibangun pasar hewan. Supaua masyarakat tidak kesulitan dan ada tempat menjual hasil ternak mereka," kata politisi Partai Gerindra ini, Jumat (26/1/2018).

Menurut Sutik, sepanjang pasar hewan tidak tersedia, masyarakat yang mengembangkan sektor peternakan akan mengalami kesulitan. Maka dari itu, perlu campur tangan pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk mendirikan pasar khusus hewan.

Di situ nanti dilakukan kegiatan jual beli hasil ternak warga. Selain mendukung kegiatan para peternak juga membantu dan memudahkan masyarakat dalam mencari dan memenuhi kebutuhan daging.

"Pengembangan sektor peternakan di sana sudah lama di lakukan terutama di daerah-daerah trans. Sebagain besar warga beternak sapi dan kambing," pungkasnya. (NACO/B-3)

Berita Terbaru