Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waduh, Pohon di SM Lamandau Dijarah Pembalak Liar!

  • Oleh Wahyu Krida
  • 29 Januari 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pohon di Suaka Margastwa (SM) Lamandau, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi incaran pembalak liar. Padahal daerah itu merupakan kawasan konservasi.

"Di tempat tersebut sejumlah pohon juga sudah ditebang menggunakan chainsaw. Rupanya mereka tidak pilih pilih lagi saat menebang, pokoknya pohon besar ditebang mereka. Bahkan pohon Rengas dan Pantung juga ditebang mereka," jelas Program Manager OF-UK Ade Suharso, Senin (29/1/2018).

Pembalakan liar itu diketahui saat tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun dan Orangutan Foundation United Kingdom (OF-UK) serta pihak Kepolisian melakukan patroli rutin pada 25 - 26 Januari 2018.

Menurut Ade, saat ditangkap, para pembalak liar tersebut mengaku warga Mendawai Pangkalan Bun. "Tetapi staf kami yang merupakan warga asli Mendawai juga tidak kenal mereka. Kemungkinan orang luar Kobar. Namun mereka tidak ditangkap dan kami lakukan sosialisasi serta peringatan keras kepada mereka agar tidak mengulangi perbuatannya. Setelah itu mereka diminta pergi dari lokasi hutan penyangga SM Sungai Lamandau tersebut," jelasnya.

Berdasarkan pantauan petugas di lokasi bekas tebangan tersebut, diduga aktivitas ini sudah lama dilakukan. "Karena bila dilihat dari bekas tunggulnya, kayu tersebut dipotong di tempat untuk diolah menjadi balok sesuai ukuran asal pohon. Setelah itu diangkut menggunakan perahu kelotok melewati Sungai Arut," terangnya.

Ade menegaskan, ke depan petugas akan melakukan tindakan keras kepada pelaku pembalakan liar ini. "Bila ditemukan akan kita tangkap dan serahkan ke pihak berwajib," tandasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru