Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa Tidak Mampu Tapi Berprestasi Harus Diusulkan Dapat Beasiswa

  • Oleh Naco
  • 03 Februari 2018 - 10:48 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur harus memberikan beasiswa bagi siswa yang tidak mampu namun berprestasi. Supaya mereka mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut Sekretaris Komisi III DPRD Kotim Hero Harapanno Mandouw, selama ini pemberian beasiswa prestasi jarang dilakukan oleh Pemkab Kotawaringin Timur. Padahal jika itu dilakukan, daerah pasti mampu. Selain itu, akan memberikan dampak yang positif bagi daerah ke depannya.

"Misalnya tenaga apa yang kurang di Kotim, siswa yang berprestasi itu bisa diarahkan ke situ. Seperti di sektor kesehatan yang selama ini tenaganya selalu kekurangan," kata Hero, Sabtu (3/2/2018).

Menurut Hero, jajaran Komisi III pasti akan mendukung pemberian beasiswa prestasi. Tinggal dari pemerintah daerah mau atau tidak melakukan itu.

Beasiswa prestasi, sambungnya, bertujuan supaya siswa bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Saat selesai menempuh pendidikan, siswa berprestasi tersebut dapat lagi ditarik ke daerah.

Tidak seperti yang terjadi selama ini, banyak pelajar atau lulusan dari Kotim seusai menempuh pendidikan tinggi, lebih memilih mengabdi ke daerah lain. Karena gaji yang diberikan lebih besar jika dibandingkan daerah ini. Hal itu tentu sangat disayangkan.

Karena itu, terobosan harus dilakukan, salah satunya dengan memberikan beasiswa. Karena jika tidak dilakukan dengan sistem seperti itu, tenaga yang dibutuhkan akan sulit didapat.

"Buat apa daerah selalu pusing selama ini, padahal banya siswa berprestasi di daerah kita. Tinggal keseriusan pemerintah daerah saja," pungkasnya. (NACO/B-3)

Berita Terbaru