Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penderita Kanker dari Kalangan Tidak Mampu, Ini Saran Pemerintah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 06 Februari 2018 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Banyak pasien pengidap kanker yang di antaranya memrupakan kalangan tidak mampu. Di sisi lain, pemerintah memiliki tanggungjawab untuk memperhatikan. Lalu apa saran kepada pemerintah

“Kami harap agar semua pasien bisa terdaftar di BPJS, bagi yang ingin memperoleh bantuan dari pemerintah provinsi. Kepengurusannya bisa melalui Dinas kesehatan, kalaupun belum terdaftar dan sudah terlanjur masuk, pihak rumah sakit akan melayani secara gratis bagi pasien yang memang tidak mampu,” kata Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus, Rian Tangkudung, Senin (5/2/2108).

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng ini mengungkapkan, jumlah pasien penderita kanker saat ini mengalami peningkatan. Kondisinya pun bermacam-macam, mulai yang stadium awal hingga pada yang sudah parah.

Para penderita kanker kebanyakan adalah perempuan yang kebanyakan mengidap kanker payudara. Mereka saat ini sedang menjalani rawat inap. Kemudian penderita kanker paru-paru, saat ini sedang menjalani rawat jalan, yang kesemuanya ditangani langsung oleh dokter spesialis kanker.

“Pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi pun juga sudah menyiapkan anggaran untuk para pasien yang memang membutuhkan bantuan. Rata-rata pasien merupakan pasien rujukan dari daerah,” jelas dia.

Beberpa pasien kurang mampu yang masuk ke RS yang dipimpinnya ini, banyak diantaranya merupakan hasil penjaringan pihak rumah sakit, sebagian lainnya juga ada yang dari penjaringan pihak relawan yang peduli terhadap penyakit kanker ini. (ROZIQIN/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru