Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengendara Harus Selalu Waspada dan Hati-Hati Dalam Berkendara

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 07 Februari 2018 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pengendara harus waspada dan selalu hati-hati dalam berkendara. Pasalnya, kondisi di jalan tidak bisa diprediksi. Sikap terburu-buru dan ceroboh dalam berkendara harus dihindari.

Hal itu disampaikan oleh Kaur Pembina Operasional Satlantas Polres Kotawaringin Barat Bambang Eko saat ditemui oleh Borneonews di Kantor Satlantas di Jalan HM Rafi'i, Pangkalan Bun, Rabu (7/2/2018)

"Dalam berkendara itu harus selalu hati-hati karena meskipun kita sudah benar akan tetapi sifat para pengendara beda-beda. Seperti di saat hujan, jangan terburu-buru kalau ada tempat berteduh, berhentilah sejenak atau menggunakan jas hujan, bukan sebaliknya mengebut disaat hujan itu bahaya," kata Eko.

Selain itu, lanjut dia, pengendara motor harus melengkapi kelengkapan kendaraannya seperti spion, lampu depan, lampu belakang, rem, lampu sein (reting) dan knalpot harus standar.

"Kemudian bawa juga kelengkapan surat kendaraan seperti SIM, STNK dan harus memakai helm, kemudian selalu cek kondisi kendaraan seperti tekanan ban apakah kurang angin atau tidak, rem juga sangat penting untuk diperiksa, semua itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan," terang dia.

Eko juga menjelaskan dalam berkendara harus selalu menjaga emosi. Sebab, apabila membiarkan emosi berkuasa saat berkendara, kondisi itu bisa menyebabkan kecelakaan. "Kalau berkendara harus taat rambu-rambu berlalu lintas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pungkas dia. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru