Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi I DPRD Kotim: Agar tak Terjerat Pidana Kepala Desa Harus Dibina

  • Oleh Naco
  • 10 Februari 2018 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo meminta agar kepala desa terus dibina, agar jangan sampai di tahun 2018 ini ada lagi kepala desa yang terjerat tindak pidana.

Selain itu politisi partai Demokrat ini juga meminta kepala desa yang ikut kegiatan bimbingan teknis agar memanfaatkan kegiatan tersebut dengan baik, termasuk bimtek terkait pengelolaan APBDes.

"Jangan sampai nantinya, saat alokasi dana desa dan dana desa dikucurkan kepala desa hanya bisa menggunakannya saja, tapi tidak bisa mempertanggungjawabkannya," kata Handoyo, Sabtu (10/2/2018).

Handoyo juga mengingatkan agar kepala desa berhati-hati dalam menggunakan dana desa, jika memang ada keraguan dalam penggunannnya, agar bisa berkoordinasi dengan pihak terkait, apakah itu dengan pihak Inspektorat atau melalui TP4D dengan pihak Kejaksaan Negeri Kotim.

Jangan sampai menurut Handoyo kepala desa memahami sendiri aturan yang ada, karena bisa saja apa yang dipahami tersebut tidak sesuai.

"Makanya daripada ragu alangkah baiknya koordinasi manfaatkan ruang yang ada," ucapnya.

Tidak hanya itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa juga diminta agar aktif mengingatkan para kades untuk jangan main-main dalam mengelola dana desa, manfaatkan dana itu untuk membangun desa.

Jangan sebaliknya menjerumuskan diri sendiri ke ranah hukum. "Karena sekarang ini masyarakat sudah cerdas, tidak bisa kalau mau coba-coba, masyarakat juga harus aktif ikut mengawas penggunaan dana desa," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru