Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pendidikan Palangka Raya Siapkan Alternatif Untuk Bisa Laksanakan UNBK

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Februari 2018 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya melakukan berbagai upaya agar sekolah binaannya dapat melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2018.

Berbagai alternatif disiapkan untuk mengakali kendala yang dihadapi. Bagi sekolah yang siswanya tidak terlalu banyak kemungkinan masih bisa dilakukan UNBK bersesi, permasalahan muncul bagi sekolah yang memiliki banyak siswa.

"Kita siapkan alternatif. Kalau misalnya satu sekolah memiliki 20-30 komputer dengan jumlah siswa rata-rata 60 orang maka bisa saja diatur waktunya. Artinya jumlah tersebut untuk dilakukan UNBK dibagi beberapa sesi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan, Selasa (13/2/2018).

Alternatif lain yang sudah dikoordinasikan beberapa sekolah bersama Disdik menurut Sahdin yakni melalui kesepakatan sekolah dengan orangtua siswa untuk menggunakan laptop milik sendiri, sehingga memudahkan UNBK itu berjalan.

"Ini alternatif yang pernah disampaikan pihak SMPN 3 ke dinas pendidikan, sehingga kalau dirasa memang tidak cukup memenuhi jumlah komputer yang ada maka bisa saja itu dilakukan saat UNBK menggunakan komputer milik siswa atau orang tua mereka," jelasnya.

Sahdin menjelaskan jika dilihat SMP yang pasti siap untuk melaksanakan UNBK tahun ini di antaranya, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 8 dan SMPN 6.

"Kalau mau dikira-kira sih SMP yang pasti siap untuk melaksanakan UNBK tahun ini di antaranya SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 8 dan SMPN 6. Para prinsipnya sekolah siap saja sebenarnya melakukan UNBK hanya saja yang perlu diperhatikan adalah sarana dan prasarana komputer itu harus bisa terpenuhi. Karena itulah masih perlu kita lakukan konfirmasi dan koordinasikan kesiapannya untuk pelaksanaan UNBK tahun ini," ucapnya.

Sahdin mengharapkan agar pelaksanaan UNBK kali ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya, terutama terlihat dengan adanya kesiapan dari sekolah, untuk melahirkan generasi bangsa yang berkualitas melalui pendidikan. Pemerintah juga harus bertangung jawab atas itu.

"Kita harapkan ada peningkatan dan kemajuam pelaksanaan UNBK di tahun ini, pemerintah kota akan terus mengevaluasi segala kekurangan yang ada," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru