Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BOS Mawas Resahkan Illegal Logging di Kawasan Sungai Mantangai

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 15 Februari 2018 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- The Borneo Orangutan Survival Fundation (BOS) Mawas meresahkan illegal logging (pembalakan liar) yang makin marak di kawasan Sungai Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Jhanson Regalino, selaku pelaksana progam BOS Mawas, menemukan data bahwa ada ribuan balok kayu keluar melalui Sungai Mantangai. Kayu itu diduga berasal dari kawasan hutan lindung.

"Salah satu aktivitas kami adalah memonitoring hutan lindung, dan beberapa bulan ini terdapat illegal logging yang cukup tinggi. Kami menemukan 5.000-6.000 balok kayu di pinggiran Sungai Mantangai," ujarnya, Kamis (15/2/2018).

Jhanson mengatakan, sebelumnya juga telah terjadi pembakalan liar di kawasan itu. Hanya, tidak separah beberapa bulan terakhir. "Sebelumnya juga terjadi illegal logging yang mencapai 2.000-3.000 balok kayu. Hanya dari bulan Januari hingga saat ini parah," ujarnya.

BOS Mawas adalah yayasan terbanyak kedua yang melestarikan orangutan di Kalimantan setelah BOS Nyaru Menteng. Tercatat ada 2.500 ekor lebih orangutan menghuni di hutan di kawasan konservasi BOS Mawas.
(Rahmat Gazali/B-3)

Berita Terbaru