Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Data Kependudukan Harus Selalu Diperbaharui

  • Oleh Naco
  • 20 Februari 2018 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Sarjono meminta agar data kependudukan masyarakat miskin di Kabupaten Kotawaringin Timur untuk selalu diperbaharui. 

"Pembaharuan sangat membantu pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan terkait penuntasan kemiskinan," kata Sarjono, Selasa (20/2/2018).

Sarjono meminta kepada dinas teknis agar data penduduk miskin itu selalu di-update setiap saat. Pemkab jangan sepenuhnya berharap data itu dari BPS saja. Alangkah baiknya, jika memberdayakan kades dan lurah untuk menginventarisasi data penduduk miskin.

Sarjono menilai, kemiskinan penduduk di Kotim memang tidak terlihat secara kasat mata. "Terutama di sekitar perkotaan masih bisa dikatakan sesuai dengan standar kehidupan yang layak," ucapnya.

Sementara, untuk mencari standar penduduk miskin seperti Pulau Jawa, untuk di Kotim ini sulit ditemukan. Sebab, penduduknya rata-rata memiliki rumah yang layak huni  dan pekerjaan. 

Sarjono menambahkan, perang terhadap kemiskinan ini tidak hanya semata-mata tugas dari pemerintah daerah. Namun harus melibatkan semua pihak, baik itu swasta dan lainnya. 

Pelibatan pihak swasta ini sangat penting dalam rangka memberikan lapangan pekerjaan untuk mengangkat kehidupan warga yang masih di bawah standar. (NACO/B-11)

Berita Terbaru