Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebulan PMI Kotim Terima Sumbangan 500 Pendonor, Tapi Tidak Semua Bisa Digunakan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Februari 2018 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setiap bulan Unit Transpusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menerima sekitar 500 pendonor darah dari masyarakat. 

"Sedikitnya ada 500 pendonor dalam tiap bulannya dan itu merupakan sumbangan darah dari masyarakat,dan sejumlah karyawan maupun ASN. Namun ada juga yang memang sudah rutin menjadi pendonor," ujar Kepala UTD PMI Kotim Dr Yuendri, Rabu (21/2/2018). 

Dia menerangkan dalam 500 kantong darah itu tidak semuanya dapat digunakan, karena harus dipilah dan diperiksa lebih dulu, hingga memang layak digunakan bagi yang membutuhkan. 

Adapun yang tidak dapat digunakan tersebut yakni darah dari pendonor penderita penyakit menular seperti hepatitis, sipilis, HIV AIDS, dan sejumlah penyakit menular lainnya. 

"Hasil darah dari para pendonor ada yang memang bagus dan ada yang tidak dapat digunakan," katanya. 

Sementara itu untuk saat ini pihaknya terus melakukan upaya agar dalam tiap bulannya para pendonor bisa terus meningkat.

Adapun untuk stok darah di PMI yakni golongan A sebanyak 25 kantong, golongan B ada 54 kantong, golongan O sebanyak 75 kantong, dangolongan AB ada 25 kantong. Dengan total keseluruhan 179 kantong. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru