Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Kekang Anak, Cukup Jaga Keseimbangan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Februari 2018 - 11:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Politisi PKB Kota Palangka Raya, Rusdiansyah meminta agar orang tua jangan mengekang anak-anaknya. Memang saat ini menurut Rusdiansyah, upaya untuk memperketat pengawasan terhadap anak merupakan sebuah keharusan. Namun bukan dimaknai dengan mengekang kebebasan anak.

"Memang sebelumnya saya katakan untuk orang tua mengetatkan pengawasan kepada anak di musim ujian ini, tetapi bukan berarti mengekang, yang saya maksud itu menjaga keseimbangan antara belajar dan aktivitas lainnya, termasuk istirahat yang cukup," kata Rusdiansyah kepada Borneonews, Sabtu (24/2/2018).

Sebagai orang tua yang baik, lanjut Rusdiansyah, tentu menginginkan anak-anaknya berhasil dalam sekolah. Oleh karena itu mulailah dari sekarang memperhatikan pergaulan anak baik itu di dalam rumah maupun di lingkungan lainnya.

"Jangan memberikan anak keluar malam dengan batas waktu yang bebas. Anak-anak didik yang masih di bawah umur sangat memerlukan perhatian orang tua, kalau tidak ia akan memasuki pergaulan bebas," beber Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya ini.

Jika dipaksakan dengan mengekang, lanjut dia, bisa saja si anak akan berpikir karena orang tuanya tidak perhatian, maka si anak akan  merasa kehidupannya seperti orang yang tidak punya tujuan.

"Ini yang kita jaga, jangan sampai anak berpikiran hal-hal seperti ini. Perlu diingat ini kerap terjadi. Saya juga punya anak yang berusia sekolah, disitulah kita berupaya menjaga keseimbangan perhatian terhadap anak," terang dia.

Menurut Rusdiansyah, intinya jangan terlalu keras dan jangan terlalu mengekang dalam mendidik anak. "Jangan terlalu mengekang. Namun kita orang tua harus tetap tegas, meskipun begitu kita juga perlu memberikan kelembutan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru